Langsung ke konten utama

Menikmati Pesona Pulau Bunta Di Aceh Besar

Loveaceh.com – Lagi berencana liburan ke Aceh? Atau Anda warga Aceh dan ingin menikmati akhir pekan ke tempat yang seru dan mengasyikkan, di Kabupaten Aceh Besar lah tempatnya.

Di Aceh Besar, banyak pilihan tempat wisata yang bagus, dan dijamin tidak membosankan. Seperti menikmati putihnya pasir pantai Lampuuk, menikmati sejuknya air terjun Luthu Lamweu, berendam di kolam air panas di Krueng Raya, dan memancing ikan di Lhok Mata Ie.
Pulau bunta
Pulau Bunta

Selain itu, bila Anda bosan berwisata di daratan melulu, dan ingin yang lebih menantang lagi, yaitu naik boat dan menikmati matahari terbenam di tengah lautan, di Aceh Besar lah surganya. Di Kabupaten Aceh Besar ada banyak pilihan tempat wisata pulau, seperti, Pulau Nasi, Pulau Breueh, Pulau Batee, Pulau Bunta, dan beberapa pulau kecil lainnya.

Dari sejumlah pulau yang Loveaceh.com sebutkan di atas, Pulau Bunta patut Anda datangi. Pulau Bunta adalah salah satu dari sebagian pulau kecil yang terdapat di Aceh Besar. Pulau ini terletak di Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar. Kalau di lihat dari Google Maps, pulau ini memang mirip seperti unta yang sedang merayap, mungkin karena alasan inilah di sebut Pulau Bunta.
Nampak Pulau Bunta di lingkaran kuning kiri

“Sebelum tsunami melanda Aceh, dulunya disini ada pemukiman penduduk, Gampong Bunta nama desanya. Tapi sayangnya, setelah tsunami melanda, banyak penduduk yang meninggalkan pulau ini dan pindah ke daratan Aceh, mereka tinggal di sejumlah desa di Kecamatan Pekan Bada, Kabupaten Aceh Besar”, kata kepala desa Gampong Bunta, Amir kepada tim Loveaceh.com yang kami jumpai di rumahnya di Gampong Bunta, Pulau Bunta.

Masih menurut cerita kepala desa Gampong Bunta, meskipun banyak warganya yang tidak menetap di pulau ini lagi, akan tetapi di KTP mereka masih tertulis alamat dan tempat tinggal di Desa Gampong Bunta.

“Beberapa bulan lagi, kami akan mengadakan gotong royong massal, membersihkan Desa Gampong Bunta ini, dan akan membangun sejumlah fasilitas, karena kami ingin kembali menetap dan tinggal lagi di Desa Kampung Bunta ini”, kata Amir yang baru terpilih sebagai kepala desa Pulau Bunta yang baru.

Bila Anda hendak berwisata ke pulau ini, Anda jangan kuatir akan tidak adanya tempat berteduh, karena disini masih banyak terdapat rumah-rumah penduduk, ada yang sudah rusak tidak terawat, dan ada juga yang masih bagus karena masih di tempati.

Menurut pantauan kami, dari sepuluh rumah yang ada, sekitar 7 rumah yang masih di tempati. Mereka yang masih menetap di rumah ini sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan berkebun.

Selain itu, fasilitas lainnya yang ada di pulau ini, dan bagi Anda yang ingin menginap atau bermalam adalah sebuah bangunan balai, mushola, dan juga sumur yang bisa Anda gunakan untuk mandi dan memasak. Untuk listrik jangan harap ada, jadi Anda harus membawa gengset atau power bank sendiri untuk sekedar charger handphone, dan kamera.

Lalu bagaimana dengan sinyal telepon seluler dan internet? Anda tidak perlu takut, karena sinyal telepon seluler disini lumayan bagus, hal ini karena pulau ini dekat dengan daratan Aceh, dan cukup dekat dengan tower BTS. Akses internet juga lumayan, untuk sekedar browsing, dan upploud foto ke sosial media masih bisa Anda lakukan.

Masih di pulau yang kecil ini, Anda bisa menikmati pantai yang indah dengan hamparan luas pasir putihnya yang eksotis, laut biru tanpa kotoran, melihat pesona matahari tenggelam (sunset) yang hampir sempurna, dan aneka jenis ikan laut yang sangat menggoda untuk di pancing.

Nah, Anda juga bisa snorkeling disini dan menikmati aneka ikan laut dan terumbu karang yang tidak kalah bagus dari Pantai Iboh, Sabang. Perlu di ingat, untuk snorkeling Anda harus membawa sendiri perlengkapannya, karena di sini tidak tersedia fasilitas apapun.

Selain itu, Anda juga bisa mengelilingi pulau ini, melihat ribuan pohon kelapa yang tumbuh di lereng-lereng bukit, mendaki tebing, masuk ke hutan, melihat aneka jenis burung, dan naik ke puncak menara mercusuar.

Di atas puncak menara mercusuar ini, sensasi yang bisa Anda peroleh adalah melihat pemandangan birunya laut lepas yang menakjubkan, hamparan luas Samudera Hindia, melihat daratan Aceh, pantai Lampuuk, Pulau Batee, dan Anda juga bisa melihat Sabang dari kejauhan.

Selain itu, di atas menara mercusuar, Anda bisa melihat kapal-kapal besar yang lewat, boat nelayan yang mencari ikan, dan di tambah lagi dengan pemandangan alam yang eksotik yang memanjakan mata.

Jangan lupa untuk membawa kamera, karena di atas menara mercusuar ini sangat menakjubkan untuk foto selfie. Untuk sampai ke menara mercusuar ini, Anda harus menempuh perjalanan kaki sekitar 1 jam dari dermaga.

Ada yang aneh di pulau ini, Anda tidak akan menjumpai nyamuk. Jadi tidak perlu takut akan gigitan nyamuk. Selain nyamuk, di pulau ini juga tidak terdapat tupai, monyet, anjing dan kodok. Binatang liar yang banyak terdapat di pulau ini adalah babi hutan, jadi hati-hati bila masuk ke hutan di malam hari.

Bila ingin mendatangi pulau ini, dari Bandara Sultan Iskandar Muda ke pelabuhan Ulee Lheue jaraknya sekitar 30 menit naik becak atau mini bus. Dan untuk sampai ke pulau ini, tidak ada alat transportasi khusus, jadi Anda harus menyewa boat nelayan terlebih dahulu. Biaya sewa boat nelayan berkisar 1 jutaan, dan dapat memuat sekitar 15 orang.

Untuk jarak tempuh sendiri, dari pelabuhan Ulee Lheue ke Pulau Bunta berkisar 1 jam lebih, tergantung jenis kapal nelayan yang Anda tumpangi. Selain dari Ulee Lheue, Anda bisa juga naik kapal nelayan dari Desa Lamteungoh, Kecamatan Pekan Bada, Aceh Besar. Untuk harga dan jarak tempuhnya kurang lebih juga sama.

Perlu di ingat, Anda mesti melihat cuaca, bila sedang hujan atau lagi musim barat, tidak ada boat nelayan yang mau melayani Anda menuju Pulau Bunta, karena mereka tidak mau bertanggung jawab akan hal buruk yang bisa terjadi kapan saja.

Nah, bagaimana tertarik untuk mengunjungi dan menikmati keindahan Pulau Bunta yang masih perawan dan unik ini? Jadikan pulau ini sebagai destinasi liburan di akhir pekan Anda. Ingat, dimanapun tempat kita berwisata selalu menjaga kelestarian lingkungan. Terimakasih!

Lihat foto menjelajah keindahan Pulau Bunta yang menakjubkan.

Popular Posts

Download Lagu Daerah Aceh Bungong Jeumpa Dan Lirik

Loveaceh.com – Aceh adalah sebuah provinsi paling ujung barat Indonesia yang terkenal dengan sebutan Tanah Rencong dan Bumi Serambi Mekah. Ditambah konflik yang berkepanjangan, dan bencana tsunami Aceh 2004, Aceh pun menjadi pusat perhatian dunia dan semakin terkenal.
Aceh ternyata tidak hanya terkenal dengan para pejuang, konflik, dan tsunami. Selain kuliner nya yang kuat dan wisata alamnya yang cantik, Aceh juga terkenal dengan tarian dan lagu yang khas.

Lagu daerah Aceh Bungong Jeumpa seolah sudah tersebar ke pelosok dunia. Bila ada yang mengingat Bungong Jeumpa, pasti setiap orang akan mengingat Aceh.

Bungong Jeumpa kalau dalam bahasa Indonesia artinya “bunga cempaka”. Bunga yang berasal dari India ini menjadi kebanggaan masyarakat Aceh. Dulu bunga cempaka dengan baunya yang wangi dan khas banyak yang menanamnya di pekarangan rumah.

Namun, tumbuhan ini sangat jarang terlihat dan semakin langka. Jadi banyak generasi sekarang yang bertanya seperti apa “Bungong Jeumpa” itu.

Di Aceh, b…

Resep Mie Aceh Asli Enak Dan Lezat

Loveaceh.com – Resep mie Aceh – Olahan makanan mie di seantero dunia ini sangat variatif dan beragam jenis. Semua negara mempunyai resep mie masing-masing, tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia sendiri, aneka jenis mie ada, dan di setiap daerah pun punya sebutan sendiri untuk kuliner mie ini, seperti di Jawa ada mie Jawa, dan di Batam ada mie lendir, di Sulawesi ada mie kering, dan lainnya.
Lalu bagaimana dengan Provinsi Aceh? Nah, di Provinsi Aceh sendiri pastinya yang terkenal adalah mie Aceh. Mie Aceh adalah mie yang kaya akan bumbu dan sangat terasa kuat akan rempah-rempahnya, dan sangat berbeda dengan mie di daerah lain yang umumnya terasa agak manis.

Mie Aceh adalah mie kuning tebal. Selain seafood, irisan daging sapi, atau daging kambing, dan disajikan dalam sup sejenis kari yang pedas dan gurih. Mungkin alasan inilah yang membuat mie Aceh sangat enak dan lezat, dan dikenal tidak hanya di Aceh atau Nusantara saja, melainkan dikenal sampai mancanegara.

Mie Aceh umumnya ada dua…

Lirik Lagu Tari Saman Aceh Lengkap

Loveaceh.com - Tidak banyak teks atau buku yang memuat dan menulis lirik lagu tari saman. Para ahli budaya banyak mengatakan lirik lagu tari saman yang di mainkan tidak bersifat tetap, kecuali rengum.

Lirik lagu tari saman selalu berubah-ubah menurut tempat, waktu, dan keadaan di setiap pertunjukannya. Sehingga tidak ada lirik yang baku untuk tari saman.


Sebelum membahas lebih jelas tentang lirik lagu tari saman, tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarah tari saman, dan lihat juga video tari saman yang loveaceh.com yakin dapat membuat Anda terpukau.

Lirik lagu tari saman pada mulanya bercerita tentang dakwah atau penyebaran agama Islam. Pada perkembangan sampai sekarang, lirik lagu tari saman terus bertambah dengan lirik lainnya, seperti tentang pertanian, pembangunan, ada-istiadat, muda-mudi, dan lain sebagainya. Berikut lirik lagu tari saman.

Lirik Lagu Tari Saman

Persalaman 1. Rengum/ Dering Hmm laila la ahoHmm laila la ahoHoya-hoya, sarre e hala lem hahallaLahoya hele lem hehelle le…

Resep Sie Kameng, Gulai Kari Kambing Khas Aceh Yang Lezat Dan Nikmat

Loveaceh.com - Sie Kameng (daging kambing) atau di Nusantara lebih terkenal dengan sebutan kari kambing atau gulai kambing adalah makanan khas Aceh yang berasa sedap dan kental karinya. Dagingnya yang empuk dan di pandu dengan bumbu rempah yang begitu kaya dan kuat menjadikan Sie Kameng ini begitu digemari.
Bila Anda tak sabar, berikut resep kari kambing khas Aceh atau cara membuat kari kambing khas Aceh:

Resep Kuah Sie Kameng
Bahan utama yang di perlukan:
1 kg daging kambing bertulang, potong-potong5 sdm minyak untuk menumis4 butir bawang merah, iris tipis2 siung bawang putih, iris tipis500 g jeroan kambing yang sudah bersih, potong-potong2 batang serai, memarkan15 helai daun temurui/ salam koja*)1 1/2 L santan dari 1 1/2 butir kelapa
Bumbu halus:
15 buah (200 g) cabai merah kering ataui 20 buah cabai merah segar1 sdt garam7 butir bawang merah3 siung bawang putih1/2 sdm kunyit cincang1/2 sdm jahe cincang2 sdm ketumbar sangrai5 butir kemiri sangrai1 sdt jintan sangrai1 buah pekak sangrai1…

Resep: Asam Keueng, Sayur Asam Pedas Khas Aceh

Loveaceh.com - Anda pencinta kuliner khas Nusantara dan suka keliling Indonesia untuk mencoba makanan Khas daerah tersebut? Dan terlebih lagi bila Anda suka masakan pedas dan asam, Anda patut berkunjung ke Aceh. Selain konflik dan Tsunami, Aceh terkenal dengan makanan khasnya yang terasa kuat akan bumbu dan rempahnya.

Dan bila iya Anda menyukai masakan pedas dan asam, Aceh memiliki masakan khas yang memiliki rasa pedas dan asam yang berbeda dengan masakan daerah lain, namanya "Asam Keueng" (asam pedas). Sesuai dengan namanya, masakan ini memiliki rasa yang pedas dan asam yang sangat kuat dan kental. Jadi sangat berasa di lidah Anda.
Masakan Asam Keueng atau Masam Keueng sangat terkenal di Aceh. Hampir semua rumah makan dan restoran menyajikan masakan khas Aceh ini. Selain itu, di setiap rumah warga, bila ditanya apakah pernah memasak Asam Keueng? Pasti semua ibu-ibu akan mengangguk kepala dan menjawab sering memasaknya untuk dimakan bersama keluarga.

Masyarakat Aceh pada umu…

Resep Sie Reuboh Khas Aceh Besar Enak Dan Lezat

Loveaceh.com – Si Reuboh (daging rebus) bukan sekedar daging rebus biasa. Masakan khas Aceh Besar ini bisa bertahan sebulan lebih, dan tidak akan basi. Masakan berbahan daging sapi, kambing atau kerbau ini telah di wariskan turun-temurun dan wajib ada di meja makan di hari Meugang.


Cara membuat Sie Reuboh sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, bumbu yang diperlukan tidak begitu banyak dan sederhana. Yang banyak digunakan adalah cabai, hal ini karena masyarakat Aceh sangat menyukai rasa pedas.



Bagi Anda yang ingin membuat sendiri makanan khas Aceh Besar ini dirumah, Loveaceh.com akan membagikan resep Sie Reuboh asli Aceh Besar khusus untuk Anda. Berikut resep Sie Reuboh Aceh Besar dan cara membuat Sie Reuboh khas Aceh Besar.

Resep Sie Reuboh Aceh Besar

Bahan-bahan yang diperlukan:
250 gr daging, potong²500 gr usus sapi/gapah, potong²½ sdt cabai bubuk½ sdt kunyit bubuk2 cm lengkuas memarkan½ sdt cuka aren1 sdt gula merah½ sdt garam1 buah jeruk nipis750 ml air Bumbu yang dihaluska…

Menikmati Sensasi Pemandian Air Panas Ie Suum Aceh Besar

Loveaceh.com - Sibuknya rutinitas sehari-hari pasti akan membuat tubuh Anda lelah. Di akhir pekan, saatnya mengobati lelah dan letih Anda. Alam yang masih asri bisa Anda jadikan obatnya. Anda bisa mencoba berendam di pemandian air panas Ie Suum, Aceh Besar.
Aceh Besar ternyata tidak hanya terkenal dengan pantai indah dan air terjunnya, ternyata juga ada pemandian air panas alami, Ie Suum (air panas) namanya. Pemandian air panas Ie Suum ini terletak di desa Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.


Dari Kota Banda Aceh, jaraknya sekitar 45 km dengan akses jalan yang sudah mulus. Sekitar 1 jam perjalanan, di akhir pekan, bising dan debu dari hilir mudiknya motor dan mobil di jalan satu jalur yang padat. Maklum, sepanjang jalan Banda Aceh - Krueng Raya banyak sekali tempat tujuan wisata.

Melewati Kota Banda Aceh, Anda akan menjumpai kawasan memancing Lamnga, wisata Ujong Batee, titik wisata Ruyung, Ladong, Pelabuhan Malahayati, sampai Pantai Pasir Putih Lhok Mee. Untuk menuj…

Pesawat Dakota RI-001 Seulawah, Sumbangan Rakyat Aceh Untuk Indonesia

Loveaceh.com - Bila Anda berkunjung ke Kota Banda Aceh, singgahlah di Lapangan Blang Padang Banda Aceh yang terletak di pusat kota. Lapangan yang terletak di Kp. Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh ini paling digemari masyarakat Kota Banda Aceh.

Lapangan Blang Padang selain di gunakan warga sebagai tempat berwisata, olahraga, dan menikmati kuliner ini memiliki banyak nilai sejarah. Selain terdapat tugu peringatan tsunami, monumen Thank to The World, dan 53 monumen (prasasti) negara yang ikut membantu Aceh saat tsunami dan sebelum tsunami, di lapangan ini juga terdapat replika Pesawat Dakota RI-001 Seulawah.
Pesawat Dakota RI-001 Seulawah adalah pesawat angkut pertama Indonesia yang sangat berjasa dalam mewujudkan kemerdekaan negeri ini. Bukti kecintaan dan sikap patriotisme rakyat Aceh terhadap republik Indonesia.


Seperti yang Loveaceh.com kutip dari Bandaacehtourism.com, pesawat ini diberi nama Seulawah atau gunung emas, merujuk pada nama gunung api di Aceh Besar ini, merup…

10 Akun Instagram Yang Wajib Anda Ikuti Bila Hendak Berwisata Ke Aceh

Loveaceh.com - Masalah mencari sumber inspirasi untuk berwisata kemana pasti setiap individu berbeda-beda mendapatkannya, ada yang menemukan di tv, di website-website travel, blog, dan di media cetak. Lalu Anda tergiur akan keindahan tempat tersebut dan segera memasukkan nya dalam list menu liburan akhir pekan atau akhir tahun Anda.
Nah di zaman yang serba maju seperti sekarang ini, pasti Anda memiliki ponsel pintar, dan mencari sumber inspirasi untuk mengisi liburan ke tempat apa pasti lebih memuaskan lagi dan mudah melalui aplikasi media sosial, sebut saja Instagram. Di antara banyak pilihan, Instagram salah satu yang paling populer. Bagaimana tidak, kami pun dalam membuat artikel di blog loveaceh.com ini juga berawal dari stalking di beberapa akun Instagam wisata populer di Aceh.

Lewat Instagram Anda bisa menikmati sederet foto-foto menakjubkan, foto yang indah, dan yang jarang di publiskasi di tv, koran, dan bahkan di situs perjalanan sekalipun. Foto-foto atau video yang ada di I…

Yuk Ramaikan Sail Sabang 2017 "Sabang Sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional"

loveaceh.com - Sesuai dengan judul artikel ini, sebelum saya membahas tentang Sail Sabang, saya ingin tau dulu apakah Anda tau atau pernah mendengar kata "Sabang"? Atau lagu wajib nasional "Dari Sabang Sampai Merauke" diciptakan oleh R. Suharjo? Yang lirik lagu nya sebagai berikut:
Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau
Sambung menyambung menjadi satu
Itulah Indonesia
Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia

Nah saya yakin setelah Anda membaca lirik lagu wajib nasional diatas Anda pasti akan terbayang kilometer 0 Indonesia yang paling ujung barat Indonesia adalah berada di Pulau Weh Sabang, serta yang paling timur Indonesia berada di Merauke Papua.


Serta bila Anda cari di Google, kilometer 0 Indonesia yang di Pulau Weh Sabang ini pasti akan muncul tugu yang tampak indah menjulang tinggi ke langit. Tugu inilah kilometer 0 Indonesia paling ujung barat Indonesia.

Tugu ini menjadi destinasi tempat wisata yang paling terk…