Scroll untuk baca artikel
Kuliner

Resep Sate Matang, Cita Rasa Kuliner Khas Kabupaten Bireuen Aceh

×

Resep Sate Matang, Cita Rasa Kuliner Khas Kabupaten Bireuen Aceh

Sebarkan artikel ini
Resep Sate Matang

Loveaceh.com – Cara membuat sate matang khas kabupaten Bireuen Aceh cukup mudah. Sate telah menjadi salah satu olahan makanan yang sangat akrab di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, muncul berbagai varian sate dari berbagai daerah, seperti sate Madura, sate Maranggi, hingga sate lilit khas Bali.

Aceh pun turut memiliki sate khas yang disebut sate matang, yang biasanya disajikan bersama semangkuk kuah soto panas. Kombinasi unik ini menggabungkan cita rasa gurih dari sate dengan kehangatan dan kelezatan dari kuah soto.

Sate matang Aceh terkenal dengan bumbu khasnya yang meresap pada potongan daging yang dipanggang dengan sempurna. Prosedur pembuatannya mengharuskan penggunaan bumbu rempah yang sangat bervariasi dan mencolok untuk menciptakan rasa yang khas dan autentik. Berikut adalah panduan untuk membuat sate matang Aceh, lengkap dengan cara mempersiapkan bumbu-bumbu yang spesial.

Resep dan Cara Membuat Sate Matang

Untuk membuat sate dengan bahan-bahan yang telah disebutkan, berikut ini adalah cara lengkapnya:

Bahan-bahan:

  • 300 gram daging sapi atau kambing, potong dadu
  • 1 sendok teh ketumbar, sangrai dan haluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1 siung bawang merah, haluskan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas jari jahe, parut
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 2 butir kemiri, sangrai dan haluskan

Bahan Bumbu Kacang:

  • 1 ons kacang tanah, goreng dan haluskan
  • 1 siung bawang putih, geprak
  • 1 daun jeruk
  • 1 daun salam besar
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 batang serai kecil, memarkan
  • 1 batang kayu manis
  • 2 ons cabai kering, goreng
  • 1 ons gula merah, sisir halus
  • 100 ml kecap manis
  • 200 ml santan kental

Cara Membuat:

Berikut adalah langkah-langkah untuk persiapan, pembuatan, dan penyajian sate dengan rasa yang kaya dan lezat:

Baca juga:  Resep Sie Reuboh Khas Aceh Besar Enak dan Lezat

Persiapan Daging Sate:

Pertama-tama, pastikan Anda memilih daging sapi atau kambing yang berkualitas baik dan potonglah sesuai dengan ukuran dadu untuk sate. Langkah awal dalam persiapan daging sate adalah mencampurkan potongan daging tersebut dengan campuran bumbu yang kaya rempah.

Bumbu-bumbu yang digunakan antara lain ketumbar yang sudah disangrai dan dihaluskan untuk memberikan aroma khas, garam untuk menyeimbangkan rasa, serta bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan untuk memberikan cita rasa yang mendalam.

Selain itu, tambahkan juga serai yang telah dimemarkan, jahe yang diparut, lengkuas yang dimemarkan, dan kemiri yang sudah disangrai dan dihaluskan. Proses mencampurkan bumbu ini tidak hanya untuk memberi rasa, tetapi juga untuk memastikan bahwa bumbu meresap dengan baik ke dalam daging.

Diamkan daging yang sudah dibumbui ini selama minimal satu jam agar bumbu benar-benar meresap dan menghasilkan rasa yang nikmat ketika sate dipanggang nantinya.

Persiapan Bumbu Kacang:

Sate tidak lengkap tanpa saus kacang yang kaya dan lezat. Bumbu kacang yang akan disajikan bersama sate ini memerlukan beberapa bahan baku yang perlu dipersiapkan dengan teliti.

Pertama, haluskan kacang tanah yang sudah digoreng hingga halus. Sementara itu, tumislah bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, daun jeruk, daun salam, daun pandan, serai, dan kayu manis hingga harum. Proses ini bertujuan untuk mengeluarkan aroma dan rasa yang berasal dari bumbu yang sudah diolah dengan tepat.

Langkah selanjutnya, tambahkan cabai kering yang sudah digoreng, gula merah, kecap manis, dan santan kental. Proses memasak ini dilakukan dengan api yang sedang, sehingga bumbu bisa meresap dengan baik. Perhatikan bumbu yang ditempatkan untuk mendapatkan perpaduan rasa yang baik dan menghasilkan saus yang cukup kental dengan tekstur yang berbeda.

Baca juga:  Resep Ayam Tangkap Khas Aceh Enak dan Renyah

Pembuatan Sate:

Setelah daging telah diolah dengan bumbu-bumbu rempah yang kaya, langkah berikutnya adalah menyiapkan tusukan sate. Tusukkan potongan daging yang sudah dibumbui ke tusukan sate secara merata, pastikan tidak terlalu padat agar daging dapat matang secara merata ketika dipanggang.

Panggang sate di atas bara api atau grill pan yang sudah dipanaskan dengan baik. Proses pemanggangan ini bertujuan untuk menghasilkan aroma yang khas dan rasa yang gurih pada daging sate. Selama proses pemanggangan, sesekali olesi sate dengan saus kacang yang sudah disiapkan sebelumnya. Hal ini akan membuat sate semakin lezat dan bumbu kacang dapat meresap ke dalam daging secara menyeluruh.

Pastikan untuk membalik sate secara teratur agar matang secara merata di kedua sisi dan warna daging berubah menjadi kecokelatan yang menarik. Proses ini tidak memerlukan waktu yang lama, tergantung pada ketebalan potongan daging dan tingkat kematangan yang diinginkan.

Penyajian:

Sate matang Aceh siap untuk disajikan dengan cara yang menggugah selera. Sajikan sate yang telah matang dengan mencurahkan sisa saus kacang sebagai sausnya. Untuk pengalaman makan yang lebih memuaskan, hidangkan sate ini bersama dengan nasi putih hangat atau lontong.

Untuk memberikan tambahan rasa dan aroma yang lebih kuat, tambahkan irisan bawang merah dan cabe rawit sebagai pelengkap. Hal ini tidak hanya menambahkan kelezatan dan kelezatan pada sate, tetapi juga memperkaya sensasi makanan yang dihidangkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat sate matang Aceh yang lezat dan autentik di rumah. Nikmati cita rasa khas dari sate ini dan bagikan pengalaman kuliner yang memuaskan dengan keluarga dan teman-teman Anda. Selamat menikmati!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *