Scroll untuk baca artikel
Kuliner

Resep Ayam Tangkap Khas Aceh Enak dan Renyah

×

Resep Ayam Tangkap Khas Aceh Enak dan Renyah

Sebarkan artikel ini
Resep Ayam Tangkap

Loveaceh.com – Resep ayam goreng tangkap khas Aceh merupakan salah satu variasi ayam goreng yang sangat beragam dan populer di kalangan banyak orang. Salah satu jenisnya adalah ayam tangkap Aceh, yang diolah dengan cara menggoreng daging ayam bersama dengan daun temurui kari dan berbagai rempah-rempah lainnya.

Bagi masyarakat Aceh, kebiasaan menyantap ayam goreng tangkap sudah menjadi bagian dari tradisi lokal yang kaya akan budaya kuliner. Ayam tangkap sendiri adalah istilah untuk menyebut daging ayam yang digoreng bersama dengan daun kari, daun pandan, dan disajikan dengan bawang goreng.

Asal-usul nama “ayam tangkap” konon berasal dari praktik masyarakat Aceh yang harus menangkap ayam secara langsung sebelum memasaknya untuk menjamin kelezatan hidangannya. Penggunaan ayam kampung umumnya lebih disukai karena rasanya yang lebih gurih, serta teksturnya yang kering dan renyah setelah digoreng.

Di beberapa wilayah Aceh, hidangan ini juga dikenal dengan sebutan “ayam tsunami,” dikarenakan cara penyajiannya yang mirip dengan pola tersebarnya air laut saat terjadi tsunami, yakni disajikan dengan menaburkan ayam dan rempah-rempahnya di atas piring. Hal ini menambah keunikan dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat lokal maupun pengunjung yang ingin mencicipi kelezatan khas dari Aceh.

Cara Membuat Masakan Ayam Tangkap khas Aceh

Resep Ayam Goreng Tangkap Khas Aceh ini menggunakan ayam kampung yang digoreng bersama dengan dedaunan khas dan bumbu-bumbu yang memberikan cita rasa yang khas. Berikut ini langkah-langkahnya:

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 3 tangkai daun temurui (daun kari)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 4 butir bawang merah, diiris tipis
  • 7 buah cabai hijau keriting, diiris dua
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas jahe
Baca juga:  Resep Sate Matang, Cita Rasa Kuliner Khas Kabupaten Bireuen Aceh

Cara Memasak:

  1. Bersihkan ayam kampung dan potong sesuai selera.
  2. Lumuri potongan ayam dengan perasan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit.
  3. Haluskan bawang putih, kemiri, dan jahe menjadi bumbu halus.
  4. Lumuri ayam dengan bumbu halus yang telah dihaluskan tadi.
  5. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
  6. Goreng potongan ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  7. Masukkan daun temurui, bawang merah iris, dan cabai hijau ke dalam wajan saat ayam hampir matang. Tumis bersama ayam hingga bumbu meresap dan ayam matang sempurna.
  8. Angkat ayam goreng tangkap dari wajan dan sajikan selagi hangat.

Tips Membuat Ayam Tangkap khas Aceh

1. Pemilihan Ayam: Pilihlah ayam kampung atau ayam jantan yang gemuk untuk hasil yang lebih gurih dan kering saat digoreng. Potong ayam menjadi 12 bagian agar bumbu dan rempah dapat meresap dengan baik.

2. Penggunaan Daun Kari atau Temurui: Pastikan untuk menggunakan daun kari (temurui) yang segar untuk memberikan aroma wangi yang khas pada ayam tangkap Anda. Anda dapat membelinya di penjual bumbu tradisional atau pasar lokal. Daun ini akan memberikan tambahan aroma yang memperkaya citarasa hidangan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menikmati hidangan ayam goreng tangkap khas Aceh yang lezat dan sarat dengan cita rasa rempah yang khas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *