Pesawat Dakota RI-001 Seulawah, Sumbangan Rakyat Aceh Untuk Indonesia

Loveaceh.com - Bila Anda berkunjung ke Kota Banda Aceh, singgahlah di Lapangan Blang Padang Banda Aceh yang terletak di pusat kota. Lapangan yang terletak di Kp. Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh ini paling digemari masyarakat Kota Banda Aceh.

Lapangan Blang Padang selain di gunakan warga sebagai tempat berwisata, olahraga, dan menikmati kuliner ini memiliki banyak nilai sejarah. Selain terdapat tugu peringatan tsunami, monumen Thank to The World, dan 53 monumen (prasasti) negara yang ikut membantu Aceh saat tsunami dan sebelum tsunami, di lapangan ini juga terdapat replika Pesawat Dakota RI-001 Seulawah.

Replika Pesawat Dakota RI-001 Seulawah
Pesawat Dakota RI-001 Seulawah adalah pesawat angkut pertama Indonesia yang sangat berjasa dalam mewujudkan kemerdekaan negeri ini. Bukti kecintaan dan sikap patriotisme rakyat Aceh terhadap republik Indonesia.


Seperti yang Loveaceh.com kutip dari Bandaacehtourism.com, pesawat ini diberi nama Seulawah atau gunung emas, merujuk pada nama gunung api di Aceh Besar ini, merupakan cikal bakal perusahaan berdirinya perusahaan penerbangan niaga pertama di nusantara, Indonesian Airways, yang sekarang dikenal dengan Garuda Indonesia.

Pesawat ini dibeli dari hasil sumbangan rakyat Aceh atas permintaan Soekarno yang datang khusus ke Aceh, medio Juni 1948. Dalam pertemuannya dengan Gubernur Militer, Abu Daud Beureueh di Hotel Aceh, samping Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Presiden RI pertama itu menangis, mengiba agar rakyat Aceh membantu dana pembelian pesawat.

Tujuannya untuk memperkuat pertahanan negara dan hubungan antar pulau, menembus blokade Belanda yang mulai menguasai sebagian besar nusantara menyusul agresi militer ke II Belanda. Pusat pemerintah Indonesia di Yogjakarta sendiri kala itu mulai dikuasai lagi Belanda.

“Saya tidak akan makan malam ini, kalau dana untuk itu tidak terkumpul,” kata Soekarno dalam pertemuan diselenggerakan Gabungan Saudagar Indonesia Daerah Aceh (GASIDA) itu.

Ketua GASIDA, Muhammad Djuned Yusus yang hadir dalam forum, langsung menyanggupinya. Bersama Said Muhammad Daud Alhabsyi, ia memimpin Dakota Found, panitia penggalangan dana. Para saudagar menyumbangkan uang dan emas. Sementara rakyat biasa ikut mengumpulkan hasil pertanian dan peternakannya untuk disumbang ke panitia. Alhasil dalam dua hari terkumpul dana setara 20 kilogram emas atau 130 ribu dolar Singapura.

Versi lain menyebutkan, saat itu Daud Beureueh yang iba dengan Soekarno langsung memerintahkan langsung Abu Mansor, sekretarisnya untuk mengumpulkan sumbangan.

Menurut Pemerhati Sejarah Aceh, Abdurrahman Kaoy, saat itu Abu Mansor datang ke Pasar Atjeh memungut sumbangan dari warga yang berada di pasar tradisional samping Masjid Baiturrahman itu. “Mereka dengan ikhlas memberikan perhiasan, emas, dan segala barang berharganya untuk disumbangkan,” ujarnya.

Sebelum kembali ke Pulau Jawa membawa sumbangan rakyat Aceh, dalam pertemuan akbar dengan rakyat Aceh di Lapangan Blang Padang, Soekarno berorasi mengajak rakyat Aceh membantu perjuangannya.

“Aku meminta kepadamu hai pemuda-pemuda, pemudi-pemudi, ulama-ulama, saudara-saudara, anak-anakku dari angkatan perang, segenap pegawai, segenap rakyat jelata yang berkumpul di sini, di seluruh daerah Aceh, marilah kita terus berjuang,” katanya.

Dalam kunjungannya ke Aceh, Soekarno juga berpesan khusus kepada Daud Beureueh yang ia panggil Kakak, agar mengajak rakyat Aceh membantu perjuangan mengusir Belanda yang masih bercokol di berbagai daerah di nusantara.

“Saya minta bantuan Kakak agar rakyat Aceh turut mengambil bagian dalam perjuangan bersenjata yang sekarang sedang berkobar antara Indonesia dan Belanda, untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah kita proklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.”

“Saudara Presiden! Kami rakyat Aceh dengan segala senang hati dapat memenuhi permintaan Presiden asal saja perang yang akan kami kobarkan itu berupa perang sabil atau perang fisabilillah, perang untuk menegakkan agama Allah sehingga kalau ada di antara kami yang terbunuh dalam perang itu maka berarti mati syahid,” jawab Daud Beureueh.

“Kakak! Memang yang saya maksudkan adalah perang yang seperti telah dikobarkan oleh pahlawan-pahlawan Aceh yang terkenal seperti Teungku Cik Di Tiro dan lain-lain, yaitu perang yang tidak kenal mundur, perang yang bersemboyan merdeka atau syahid,” timpal Soekarno.

Sekembali ke Pulau Jawa, sumbangan terkumpul dari Aceh dipakai untuk membeli pesawat jenis Dakota DC-3 melalui Singapura pada Oktober 1948, oleh perwira penerbangan Wiweko Soepono yang akhirnya menjadi Direktur Utama garuda. Diberi registrasi RI-001 Seulawah, inilah pesawat angkut pertama milik Indonesia dan cikal bakal berdirinya Indonesian Airwasy yang saat itu berkantor di Burma (Myanmar), karena sebagian besar wilayah nusantara masih dikuasai Belanda.

Memiliki panjang badan 19,66 meter dan rentang sayap 28,96 m, pesawat ini ditenagai dua mesin pratt & whitney berbobot 8,030 Kg. Mampu terbang dengan kecepatan maksimum 346 Km per jam.

Pada awal beroperasi, RI-001 Seulawah menjadi penghubung Jawa dan Sumatera, mengangkut obat-obatan dari Burma dan India dengan menembus blokade-blokade Belanda. Burung besi ini juga berperan menyelundupkan senjata, amunisi dan perangkat komunikasi dari Burma ke Aceh, untuk logistik perang melawan Belanda. Dengan perangkat radio yang diselundupkan pesawat ini, dari Aceh disiarkan kabar ke penjuru dunia bahwa “Indonesia masih ada”.

Agar tak terdeteksi musuh, penerbangan di lakukan malam hari. Pesawat biasanya mendarat di Lapangan Udara Lhok Nga atau Blang Bintang, Aceh Besar. Begitu mendapat konfirmasi pendaratan, para pemuda Aceh membakar daun kepala kering sebagai tanda bahwa lokasi siap menerima landing. Siang harinya, tubuh pesawat ditutupi dengan daun dan rerumputan agar tak terlihat dari pengintaian udara Belanda.

Pesawat hasil sumbangan barang-barang pribadi rakyat Aceh ini selain digunakan Soekarno melawat ke berbagai daerah dalam di Sumatera dan Jawa untuk mendapat dukungan kemerdekaan RI, juga dipakai dalam menjalin diplomasi demi terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia ke berbagai Negara. RI-001 Seulawah ikut mengangkut tokoh-tokoh bangsa ke luar negeri untuk menjalin hubungan international dalam memperoleh dukungan kemerdekaan.

Ketika agresi Belanda memanas, pesawat RI-001 Seulawah sempat dilarang kembali ke Indonesia dan tertahan di Burma. Tahun 1949, RI-001 Seulawah kemudian disewa (carter) oleh Pemerintah Myanmar, dijadikan pesawat angkut negara itu. Inilah kali pertama RI-001 Seulawah dikomersilkan. Myanmar saat itu sedang menghadapi gejolak pemberontakan dalam negeri. Pesawat ini ikut dipakai dalam menjalankan berbagai misi operasi militer di negara tersebut.

Untuk mengenang jasa rakyat Aceh lewat sumbangan pesawat ini dalam membantu mewujudkan Indonesia, dibangun sebuah monumen replika Dakota RI-001 Seulawah di Lapangan Blang Padang. Peresmian monumen ini ditandai dengan penandatanganan prasasti pada 29 Juli 1984 oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Sukardi dan Hadi Tajeb, Gubernur Aceh saat itu.

Berikut isi prasasti tersebut yang berhasil Loveaceh.com catat beberapa hari yang lalu waktu mengunjungi Lapangan Blang Padang ini:

DENGAN RAHMAT ALLAH SUBHANAHU WA TA’ ALA

MONUMEN PERJUANGAN RI-001 “SEULAWAH” INI DIBANGUN SEBAGAI TANDA PENGHARGAAN YANG TULUS IKHLAS DARI TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN UDARA KEPADA RAKYAT ACEH DALAM RANGKA MENEGAKKAN DAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA YANG BERDASARKAN PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945 PADA MASA 1948-1950.

BANDA ACEH, 29 JULI 1984

KEPALA STAFF TNI ANGKATAN UDARA

-SUKARDI-

MARSEKAL TNI

GUBERNUR/KEPADA DAERAH ISTIMEWA ACEH

-H. HADI THAJEB-

Sedangkan di bawah badan pesawat, atau tepatnya di tiang penopang pesawat, Loveaceh.com juga melihat sebuah prasasti lagi yang menerangkan peranan Pesawat Dakota RI-001 Seulawah dalam perang kemerdekaan. Isinya sebagai berikut:

PERANAN PESAWAT DAKOTA RI-001 “SEULAWAH” DALAM PERANG KEMERDEKAAN

PESAWAT JENIS INILAH YANG DISUMBANGKAN OLEH RAKYAT ACEH, KEPADA PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA PADA MASA PERJUANGAN KEMERDEKAAN DENGAN NOMOR RI. 001.

DENGAN PESAWAT INI BLOKADE BELANDA DAPAT DI TEROBOS DAN HUBUNGAN ANTARA PEMERINTAH PUSAT DI YOGYAKARTA DENGAN DAERAH-DAERAH DI SUMATERA KHUSUSNYA ACEH DAPAT DIWUJUDKAN SEHINGGA MEMPERLANCAR JALANNYA RODA PEMERINTAHAN.

AGRESI MILITER BELANDA II PADA TAHUN 1948 MEMAKSA PESAWAT RI OO1 “SEULAWAH” BERPANGKALAN DAN BEROPERASI DI RANGOON BIRMA.

PERJUANGAN YANG DILAKUKAN SELAMA DI LUAR NEGERI ANTARA LAIN :
PENEROBOSAN PADA MALAM HARI TERHADAP BLOKADE BELANDA DENGAN MENGANGKUT SENJATA & MESIU KE PANGKALAN UDARA LHO’NGA
MENDIRIKAN “INDONESIAN AIRWAYS” DALAM MEMBANTU MEMBIAYAI PENGADAAN SENJATA & MESIU, PENGADAAN PESAWAT-PESAWAT C-47 DAKOTA RI-007 DAN RI-009, MEMBANTU MEMBIAYAI PERWAKILAN-PERWAKILAN RI DI LUAR NEGERI DAN PENDIDIKAN CALON PENERBANG SERTA TEKNISI AURI DI LUAR NEGERI
MELALUI PEMANCAR RADIO “INDONESIAN AIRWAYS” BERITA-BERITA PERJUANGAN DI TANAH AIR DITERUSKAN KEBEBERAPA PERWAKILAN RI DI LUAR NEGERI DAN PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA

PERJUANGAN RAKYAT ACEH DALAM PERJUANGAN MENEGAKKAN DAN MEMPERTAHANKAN NEGERA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA YANG DIWUJUDKAN DENGAN SUMBANGAN PESAWAT INI MENCERMINKAN JIWA KEJUANGAN YANG PATUT DITAULADANI DAN DILESTARIKAN OLEH SELURUH RAKYAT INDONESIA SEPANJANG MASA.

UDEP SARE MATE SAHID

BANDA ACEH,

29 JULI 1984


Pesawat Dakota RI-001 Seulawah yang sudah menjadi monumen kini menjadi salah satu situs wisata sejarah di Banda Aceh. Bukti cinta rakyat Aceh kepada Ibu Pertiwi yang tetap kokoh berdiri walau sempat diterjang tsunami Aceh 2004 silam.

Nah, selain melihat Pesawat Dakota RI-001 Seulawah yang berada di Lapangan Blang Padang, jangan lupa mengunjungi tempat bersejarah lainnya di Kota Banda Aceh yang berdekatan dengan Lapangan Blang Padang, seperti Kerkhof Peutjut, dan Museum Tsunami Aceh.

Lihat juga: foto-foto Pesawat Dakota RI-001 Seulawah di Lapangan Blang Padang Banda Aceh.