Menikmati Sensasi Pemandian Air Panas Ie Suum Aceh Besar

Loveaceh.com - Sibuknya rutinitas sehari-hari pasti akan membuat tubuh Anda lelah. Di akhir pekan, saatnya mengobati lelah dan letih Anda. Alam yang masih asri bisa Anda jadikan obatnya. Anda bisa mencoba berendam di pemandian air panas Ie Suum, Aceh Besar.

Aceh Besar ternyata tidak hanya terkenal dengan pantai indah dan air terjunnya, ternyata juga ada pemandian air panas alami, Ie Suum (air panas) namanya. Pemandian air panas Ie Suum ini terletak di desa Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.
Pemandian air panas Ie Suum Aceh Besar


Dari Kota Banda Aceh, jaraknya sekitar 45 km dengan akses jalan yang sudah mulus. Sekitar 1 jam perjalanan, di akhir pekan, bising dan debu dari hilir mudiknya motor dan mobil di jalan satu jalur yang padat. Maklum, sepanjang jalan Banda Aceh - Krueng Raya banyak sekali tempat tujuan wisata.

Melewati Kota Banda Aceh, Anda akan menjumpai kawasan memancing Lamnga, wisata Ujong Batee, titik wisata Ruyung, Ladong, Pelabuhan Malahayati, sampai Pantai Pasir Putih Lhok Mee. Untuk menuju ke pemandian air panas Ie Suum, Anda tidak perlu melewati Pelabuhan Malahayati.

Sedikit lewat Terminal BBM Pertamina, belok kanan di jalan yang sedikit menanjak, terus jalan hingga sampai di Desa Ie Suum. Anda cukup merogoh kocek Rp 3 ribu rupiah, atau Rp 5 ribu rupiah per sepeda motor. Tarif ini cukup murah jika dibandingkan dengan lokasi tempat wisata lain di Aceh Besar.

Tiba di lokasi pemandian air panas Ie Suum ini, Anda akan disuguhkan pemandangan perbukitan yang masih asri. Selain itu, sejumlah fasilitas penunjang cuku lengkap. Dari mushala, kios penjual makanan dan minuman ringan, lokasi permainan anak, kolam pemandian air panas, dan fasilitas lainnya.

Saat tim Loveaceh.com berjalan ke sumber air panas yang asapnya masih menggumpal putih itu, kami melihat ada yang merebus telur, masak mie instant, dan ada juga yang sedan memasak air. Peringatan, air cukup panas, jadi jangan sekali-kali mencelupkan kaki dan tangan atau mencuci muka. Airnya cuku panas, bisa membakar kulit Anda.

Nah, untuk bisa berendam di kolam air panas, Anda cukup merogoh kocek lagi Rp 5 ribu rupiah perorang. Disini terdapat 2 kolam besar, satu buat kaum hawa dan satu buat kaum adam. Masing-masin pemandian mempunyai kolam kecil yang dangkal khusus buat anak-anak. Selain itu, juga terdapat tempat berganti pakaian.

Sambil berendam di kolam hangat ini, Anda bisa menikmati gugusan awam putih di langit, menikmati hamparan pohon hijau di bukit hijau yang mengelilingi pemandian air panas ini, dan mendengar suara jangkrik hutan.

Setiap hari libur, khususnya hari sabtu dan minggu, ratusan wisatawan lokal maupun luar memadati kawasan ini. Warga setempat yang sejumlah besar petani bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan di kawasan ini.

Lihat foto-foto menikmati sensasi pemandian air panas Ie Suum Aceh Besar.