“Hidden Beach” Itu Bernama Pantai Teluk Jantang Di Lhoong

Teluk Jantang
Pantai Teluk Jantang Lhoong, Aceh Besar

Loveaceh.com – Aceh Besar adalah salah satu Kabupaten terluas di Provinsi Aceh ini memiliki bibir pantai yang sangat panjang, dan menyimpan banyak eksotisme keindahan alam tepi pantainya. Selain Pantai Lhoknga, Pantai Lhok Mee dan Pantai Lampuuk yang sudah dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah dan cukup populer di Aceh bahkan dunia, ternyata masih banyak pantai cantik lainnya yang tersembunyi ” hidden beach” yang jarang dikunjungi dan menyimpan keelokan alam yang luar biasa, yaitu Pantai Teluk Jantang.

Teluk Jantang adalah sebuah pantai sempit yang diapit dua buah tebing atau bukit berbatu besar yang tidak terlalu tinggi. Pantai ini berada di Desa Jantang Meunasah Krueng Kala Pasie, Kecamatan Lhoong. Anda butuh waktu 1 jam lebih untuk sampai di Teluk Jantang ini bila bergerak dari Kota Banda Aceh.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Teluk Jantang, arahkan kendaraan Anda menuju Jl. Banda Aceh-Calang. Siapkan kamera dengan baterai yang telah di cas full, karena sepanjang perjalanan dari Kota Banda Aceh menuju Lhoong, Anda akan melihat pemandangan alam yang begitu elok, dan tergoda untuk diabadikan.

Pegunungan yang hijau, hamparan laut lepas, dan dengan jalan lebar yang berkelas Internasional yang dibangun oleh USAID setelah Tsunami dulu pasti tidak akan membuat perjalanan Anda bosan dan lelah.

Namun, seringnya hujan deras dan longsor membuat jalan ini rusak dan berlubang. Di beberapa titik terlihat bekas tempelan di badan jalan. Anda patut berhati-hati melewati Gunung Paro dan Gunung Kulu, apalagi bila musim hujan. Jalan dengan tikungan naik turun ini bila sedang hujan sangat licin dan rawan akan longsor.

Sekitar 1 km lebih melewati papan nama menuju Destinasi Wisata Air Tejun Suhom Lhoong, sebelah kanan jalan, lihatlah papan nama bertuliskan “Pertambangan Lhoong Mining” yang sekarang tidak beroperasi lagi. Sekitar 50 meter melewati Pertambangan Lhoong Mining, Anda akan menjumpai jalan menuju pantai Pasi Blang Raya yang terlihat banyak pohon cemara. Masuklah ke jalan ini, karena akan menuju ke Pantai Teluk Jantang yang tersembunyi itu.

peta-lokasi-pantai-jantang
Keterangan peta: Lingkaran warna kuning adalah jalan masuk di pinggir jalan raya, warna hitam adalah warung makanan dan minuman, orange adalah lokasi parkir kendaraan, dan lingkaran warna merah adalah Pantai Teluk Jantang.

Sebenarnya dulu ada papan penunjuk tertancap di pinggir jalan raya yang bertuliskan “SELAMAT DATANG DI OBJEK WISATA TELUK JANTANG, PASI BLANG RAYA“. Namun kini sudah tidak nampak lagi dan sangat menyulitkan bagi wisatawan yang ingin mendatangi Pantai Teluk Jantang ini.

Dan ternyata Objek Wisata Teluk Jantang telah ditutup oleh warga setempat. “Mungkin para nelayan disini takut para pengunjung berbuat mesum, dan membuat hasil tangkapan mereka menurun” ujar Monica, kepada Loveaceh.com.

“Tapi walaupun sudah ditutup, wisatawan masih bisa mendatangi Pantai Teluk Jantang dengan syarat tidak datang berdua dengan pasangan bagi yang belum nikah”, ujar Monica lagi yang sehari-hari berjualan makanan dan minuman di warung di Pantai Pasi Blang Raya ini. Nah, saran kami lebih baik Anda datang berkelompok bila ada wanita, dan disini bukan tempat untuk berduaan dengan pacar. Bisa-bisa Anda di usir, kecuali Anda datang dengan istri.

Bila Anda sudah memasuki kawasan Pantai Pasi Blang Raya yang banyak terdapat pohon cemaran, jangan lupa berbelok ke sebelah kanan, dan jalan lurus sampai ke ujung mendekati sungai dan tebing kurang lebih 5 menit. Parkirlah kendaraan Anda disini. Anda akan diminta 5 ribu rupiah per kendaraan sebagai ongkos jaga.

“5 ribu rupiah itu sebagai uang parkir, motor Anda akan aman kami jaga” ujar Sawa, pemuda setempat yang bercerita kepada tim Loveaceh.com di salah satu warung penjual makanan dan minuman di Pantai Pasi Blang Raya. Namun bila Anda datang bukan hari libur, tak terlihat para pemuda yang bertugas di tempat parkir. Jadi Anda bisa parkir dimana saja, tapi kendaraan Anda tidak ada yang menjaganya.

Melewati sungai kecil yang arusnya pelan, dan tidak perlu melepas alas kaki bila air sedang tidak pasang. Segeralah menuju sisi bukit dan mendakilah sisi bukit yang tidak tinggi ini. Namun Anda perlu berhati-hati bila Anda datang di musim hujan, karena jalan yang licin bisa membuat Anda terpeleset.

Jangan lupa bawa bekal yang cukup, terutama air putih, karena saat mendaki akan menguras fisik, jadi bisa membuat tubuh Anda cepat dehidrasi bila cuaca terik. Di Pantai Teluk Jantang ini, Anda tidak akan menemukan lapak pedagang.

Cukup 5 menit saja, Anda sudah sampai di puncak dan lihatlah pantai berpasir putih yang terbentang sempit ini, yaitu Pantai Teluk Jantang. Di atas puncak ini, pemandangan sangat menakjubkan, dua buah bukit berbatu besar terlihat sangat cantik yang berada disisi kiri dan kanan Pantai Teluk Jantang ini.

Silahkan menuruni ke bawah, sentuhlah pantai berpasir putihnya yang sangat tenang ini, karena di lindungi oleh dua bukit cantik di sisi kiri dan kanan. Padang rumput dan jajaran pohon kelapa yang menjulang tinggi ke udara disamping pantai membuat pantai kecil ini semakin mempesona dan sangat tergoda untuk di foto.

Bila Anda ingin mandi, kami rasa kurang cocok. Banyaknya batu karang yang ukurannya besar bisa membahayakan Anda untuk mandi ataupun snorkeling. Segera naik ke atas bukit sebelah kanannya, namun berhati-hatilah karena sangat terjal. Dan lihatlah pemandangan yang disuguhkan. Di atas ini Anda bisa melihat Pantai Pasi Blang Raya, hamparan laut luas, para boat nelayan yang sedang mencari ikan, dan yang pastinya keindahan pasir putih Teluk Jantang.

Bila Anda hobi memancing, terdapat banyak spot untuk memancing ikan. Dan bila Anda pecinta fotografi, terdapat banyak sudut keren yang bisa diabadikan dan membaginya ke sosial media. Selain itu, bila ingin merasakan pantai ini seperti pantai pribadi, datanglah pada hari kerja karena sepi dari pengunjung. Jadi Anda bisa dengan tenang menikmati pantai yang jauh dari hiruk pikuk ini.

Sesudah selesai menikmati keindahan Pantai Teluk Jantang, pulangnya pasti mendaki dan menuruni gunung lagi, dan akan membuat Anda lelah dan lapar. Nah di Pantai Pasi Blang Raya, beristirahatlah di warung makanan dan minuman ini. Berbagai makanan enak seperti pisang goreng, bakso goreng, mie, dan lainnya bisa Anda nikmati sambil melihat para nelayan yang sedang menarik pukat. Dan di saat senja Anda bisa menikmati matahari tenggelam (sunset) yang sangat sempurna.

Kami rasa, bila Anda ingin menikmati sensasi mendaki yang ringan dan santai, dan ingin menikmati suasana pantai yang nyaman dan jauh dari hiruk pikuk, tak salahnya Pantai Jantang masuk dalam menu liburan Anda. Dan jangan buang sampah disini ya, mari kita menjaga kebersihan tempat ini.

Berikut foto-foto keindahan Pantai Teluk Jantang di Lhoong:

Komentar Anda