Langsung ke konten utama

About Us

Kami hanyalah sekumpulan warga asli Aceh yang suka menjelajah keindahan alam Aceh, menyukai sejarah Aceh, budaya Aceh, dan juga kuliner tradisional khas Aceh.

Karena kesamaan hobi di atas, timbul keinginan kami untuk berbagi kisahnya. Alasannya pun sama, yaitu tidak puas bila hanya menikmati sendiri.

Semua sepakat, dan timbul keinginan, berbagi kisah di warung kopi saja tidaklah cukup serta tidak memuaskan, apa lagi di sosial media yang hanya dinikmati sebagian orang saja.

Tepat di penghujung tahun 2014, maka lahirlah website sederhana ini www.loveaceh.com, yang mudah-mudahan dapat bermanfaat serta berguna bagi memajukan pariwisata Aceh.

Dengan publikasi tentang wisata Aceh, kuliner khas Aceh, sejarah Aceh, dan budaya Aceh dapat di lihat, di apresiasi, di pahami, serta di kunjungi oleh masyarakat di luar Aceh dan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia.

Loveaceh.com mempromosikan wisata Aceh dengan tujuan membantu membangun pariwisata Aceh, melestarikan kekayaan alam Aceh, dan memelihara peninggalan sejarah serta budaya Aceh.

Dengan branding “Aceh Culture, Nature & Culinary“, loveaceh.com membawa tiga pesan utama, yaitu (Aceh Culture) yang berupa suku, bahasa, tradisi, dan adat istiadat. Sedangkan (Nature) yang menggambarkan keindahan alam Aceh yang masih alami, baik bawah laut, pantai, gunung, hutan, dan beranekaragam hayati dari Sabang sampai Aceh Singkil.

Tidak hanya alam dan budayanya saja, Aceh juga kaya akan kuliner (Culinary). Berbagai masakan khas, dan penganan tradisional Aceh mampu membuat Anda tergiur.

Selain itu, kami (loveaceh.com) juga mendukung pemerintah Aceh dalam memajukan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui kunjungan wisatawan.

Ini sebagian tim relawan Loveaceh.com saat berada di berbagai sudut bumi Aceh yang terus membantu mensupport, waktu, tenaga, pemikiran, dan akomodasi agar situs Loveaceh.com selalu hidup dengan update artikelnya, serta berbagai aktivitas yang Loveaceh.com ikuti.

Pantai Iboh Pulau Weh Sabang Januari 2015
Pulau Bunta, Aceh Besar April 2015 
Pantai Pasir Putih Lhok Mee, Aceh Besar Mei 2015

Menyalurkan bantuan dari pemuda Aceh Besar untuk pengungsi Rohingya di Langsa, Mei 2015 
Aceh Blogger Gathering, Jantho Desember 2015 
Pantai Lampuuk, Aceh Besar April 2016 
Pulau Rusa Lhoong Aceh Besar April 2017 
Pantai Pasie Jantang, Lhoong Aceh Besar April 2017
Pulau Breuh, Aceh Besar Mei 2017 
Pulau Keluang Aceh Jaya September 2017
CRU Sampoiniet Aceh Jaya September 2017 
Untuk tujuan kerja sama atau ada hal lain yang ingin di tanya atau di sampaikan, silahkan hubungi kami melalui laman kontak ini. Terimakasih!

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Sensasi Pemandian Air Panas Ie Suum Aceh Besar

Loveaceh.com - Sibuknya rutinitas sehari-hari pasti akan membuat tubuh Anda lelah. Di akhir pekan, saatnya mengobati lelah dan letih Anda. Alam yang masih asri bisa Anda jadikan obatnya. Anda bisa mencoba berendam di pemandian air panas Ie Suum, Aceh Besar.
Aceh Besar ternyata tidak hanya terkenal dengan pantai indah dan air terjunnya, ternyata juga ada pemandian air panas alami, Ie Suum (air panas) namanya. Pemandian air panas Ie Suum ini terletak di desa Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.


Dari Kota Banda Aceh, jaraknya sekitar 45 km dengan akses jalan yang sudah mulus. Sekitar 1 jam perjalanan, di akhir pekan, bising dan debu dari hilir mudiknya motor dan mobil di jalan satu jalur yang padat. Maklum, sepanjang jalan Banda Aceh - Krueng Raya banyak sekali tempat tujuan wisata.

Melewati Kota Banda Aceh, Anda akan menjumpai kawasan memancing Lamnga, wisata Ujong Batee, titik wisata Ruyung, Ladong, Pelabuhan Malahayati, sampai Pantai Pasir Putih Lhok Mee. Untuk menuj…

Resep Mie Aceh Asli Enak Dan Lezat

Loveaceh.com – Resep mie Aceh – Olahan makanan mie di seantero dunia ini sangat variatif dan beragam jenis. Semua negara mempunyai resep mie masing-masing, tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia sendiri, aneka jenis mie ada, dan di setiap daerah pun punya sebutan sendiri untuk kuliner mie ini, seperti di Jawa ada mie Jawa, dan di Batam ada mie lendir, di Sulawesi ada mie kering, dan lainnya.
Lalu bagaimana dengan Provinsi Aceh? Nah, di Provinsi Aceh sendiri pastinya yang terkenal adalah mie Aceh. Mie Aceh adalah mie yang kaya akan bumbu dan sangat terasa kuat akan rempah-rempahnya, dan sangat berbeda dengan mie di daerah lain yang umumnya terasa agak manis.

Mie Aceh adalah mie kuning tebal. Selain seafood, irisan daging sapi, atau daging kambing, dan disajikan dalam sup sejenis kari yang pedas dan gurih. Mungkin alasan inilah yang membuat mie Aceh sangat enak dan lezat, dan dikenal tidak hanya di Aceh atau Nusantara saja, melainkan dikenal sampai mancanegara.

Mie Aceh umumnya ada dua…

Yuk Ramaikan Sail Sabang 2017 "Sabang Sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional"

loveaceh.com - Sesuai dengan judul artikel ini, sebelum saya membahas tentang Sail Sabang, saya ingin tau dulu apakah Anda tau atau pernah mendengar kata "Sabang"? Atau lagu wajib nasional "Dari Sabang Sampai Merauke" diciptakan oleh R. Suharjo? Yang lirik lagu nya sebagai berikut:
Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau
Sambung menyambung menjadi satu
Itulah Indonesia
Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia

Nah saya yakin setelah Anda membaca lirik lagu wajib nasional diatas Anda pasti akan terbayang kilometer 0 Indonesia yang paling ujung barat Indonesia adalah berada di Pulau Weh Sabang, serta yang paling timur Indonesia berada di Merauke Papua.


Serta bila Anda cari di Google, kilometer 0 Indonesia yang di Pulau Weh Sabang ini pasti akan muncul tugu yang tampak indah menjulang tinggi ke langit. Tugu inilah kilometer 0 Indonesia paling ujung barat Indonesia.

Tugu ini menjadi destinasi tempat wisata yang paling terk…

Resep: Asam Keueng, Sayur Asam Pedas Khas Aceh

Loveaceh.com - Anda pencinta kuliner khas Nusantara dan suka keliling Indonesia untuk mencoba makanan Khas daerah tersebut? Dan terlebih lagi bila Anda suka masakan pedas dan asam, Anda patut berkunjung ke Aceh. Selain konflik dan Tsunami, Aceh terkenal dengan makanan khasnya yang terasa kuat akan bumbu dan rempahnya.

Dan bila iya Anda menyukai masakan pedas dan asam, Aceh memiliki masakan khas yang memiliki rasa pedas dan asam yang berbeda dengan masakan daerah lain, namanya "Asam Keueng" (asam pedas). Sesuai dengan namanya, masakan ini memiliki rasa yang pedas dan asam yang sangat kuat dan kental. Jadi sangat berasa di lidah Anda.
Masakan Asam Keueng atau Masam Keueng sangat terkenal di Aceh. Hampir semua rumah makan dan restoran menyajikan masakan khas Aceh ini. Selain itu, di setiap rumah warga, bila ditanya apakah pernah memasak Asam Keueng? Pasti semua ibu-ibu akan mengangguk kepala dan menjawab sering memasaknya untuk dimakan bersama keluarga.

Masyarakat Aceh pada umu…

Lirik Lagu Tari Saman Aceh Lengkap

Loveaceh.com - Tidak banyak teks atau buku yang memuat dan menulis lirik lagu tari saman. Para ahli budaya banyak mengatakan lirik lagu tari saman yang di mainkan tidak bersifat tetap, kecuali rengum.

Lirik lagu tari saman selalu berubah-ubah menurut tempat, waktu, dan keadaan di setiap pertunjukannya. Sehingga tidak ada lirik yang baku untuk tari saman.


Sebelum membahas lebih jelas tentang lirik lagu tari saman, tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarah tari saman, dan lihat juga video tari saman yang loveaceh.com yakin dapat membuat Anda terpukau.

Lirik lagu tari saman pada mulanya bercerita tentang dakwah atau penyebaran agama Islam. Pada perkembangan sampai sekarang, lirik lagu tari saman terus bertambah dengan lirik lainnya, seperti tentang pertanian, pembangunan, ada-istiadat, muda-mudi, dan lain sebagainya. Berikut lirik lagu tari saman.

Lirik Lagu Tari Saman

Persalaman 1. Rengum/ Dering Hmm laila la ahoHmm laila la ahoHoya-hoya, sarre e hala lem hahallaLahoya hele lem hehelle le…

Keindahan Pegunungan Bukit Barisan Di Puncak Kuta Malaka Aceh Besar

Loveaceh.com – Membahas tempat wisata di Kabupaten Aceh Besar tidak akan pernah habis, seperti artikel kami sebelumnya pesona keindahan Pulau Bunta.
Tepatnya di kawasan Samahani, kecamatan Kuta Malaka, disini selain terkenal dengan keindahan air terjun 7 tingkat Samahani, Anda bisa juga menikmati keindahan gunung Bukit Barisan di atas bukit air terjunnya.

Keindahan puncak bukit Kuta Malaka terekam beberapa waktu yang lalu oleh tim Loveaceh.com. Jarak lokasi puncak Kuta Malaka ini sekitar 30 km dari Kota Banda Aceh. Sepeda motor atau mobil dua gardan akan lebih cocok bila Anda menuju lokasi ini.



Awal perjalanan terasa sangat nyaman dan mulus. Jalan sepanjang 23 km dari Kota Banda Aceh menuju kawasan Samahani kecamatan Kuta Malaka sangat mulus, karena sudah beraspal hot mix. Maklum, jalan ini merupakan jalan lintas provinsi. Di sepanjang jalan ini, Anda akan di sungguhkan pemandangan sawah hijau yang terbentang di sekeliling kanan dan kiri jalan.

Jangan lupa untuk berhenti di simpang D…

Resep: Gulee Pliek Ue, Masakan Bintang Lima Para Raja Aceh

Loveaceh.com - Aceh mempunyai aneka makanan yang khas, seperti "Gulee Pliek Ue" atau "Kuah Pliek Ue". Gulee Pliek Ue ini merupakan masakan berjenis gulai yang di masa kesultanan Aceh dulu masakan ini sangat disukai para raja atau sultan Aceh. Rasanya yang enak, dan khas sangat pantas para raja Aceh dulu sangat mengidolakan Gulee Pliek Ue ini.
Makanan khas Aceh
ini selain menggunakan puluhan jenis sayur, bahan dan rempah-rempah, terdapat bahan utama yang wajib ada yaitu "Pliek Ue". Pliek Ue/Patarana adalah sejenis ampas pembuatan minyak kelapa dengan proses pembusukan dan pemerasan kandungan minyaknya. Ampas yang telah tidak mengandung minyak tersebut lalu dikeringkan dan selanjutnya dijadikan bahan utama pembuatan Gulee Pliek Ue ini.
Resep Gulee Pliek Ue
Cara membuat gulee pliek ue atau resep kuah pliek ue ini tergolong sangat mudah untuk Anda coba dirumah, asalkan bahan utama yaitu "Pliek Ue" sudah tersedia. Kalau belum tersedia Anda harus membu…

Resep Sie Kameng, Gulai Kari Kambing Khas Aceh Yang Lezat Dan Nikmat

Loveaceh.com - Sie Kameng (daging kambing) atau di Nusantara lebih terkenal dengan sebutan kari kambing atau gulai kambing adalah makanan khas Aceh yang berasa sedap dan kental karinya. Dagingnya yang empuk dan di pandu dengan bumbu rempah yang begitu kaya dan kuat menjadikan Sie Kameng ini begitu digemari.
Bila Anda tak sabar, berikut resep kari kambing khas Aceh atau cara membuat kari kambing khas Aceh:

Resep Kuah Sie Kameng
Bahan utama yang di perlukan:
1 kg daging kambing bertulang, potong-potong5 sdm minyak untuk menumis4 butir bawang merah, iris tipis2 siung bawang putih, iris tipis500 g jeroan kambing yang sudah bersih, potong-potong2 batang serai, memarkan15 helai daun temurui/ salam koja*)1 1/2 L santan dari 1 1/2 butir kelapa
Bumbu halus:
15 buah (200 g) cabai merah kering ataui 20 buah cabai merah segar1 sdt garam7 butir bawang merah3 siung bawang putih1/2 sdm kunyit cincang1/2 sdm jahe cincang2 sdm ketumbar sangrai5 butir kemiri sangrai1 sdt jintan sangrai1 buah pekak sangrai1…

Kuah Sie Kameng, Kari Khas Aceh Yang Kuat Bumbu

Loveaceh.com – Kuah Sie Kameng (kuah daging kambing) atau di Nusantara lebih terkenal dengan sebutan kari kambing atau gulai kambing adalah makanan khas Aceh yang berasa sedap dan kental karinya. Dagingnya yang empuk dan di pandu dengan bumbu rempah yang begitu kaya dan kuat menjadikan Kuah Sie Kameng ini begitu digemari.
Bila Anda berkunjung ke Serambi Mekkah, jangan lupa bertandang ke rumah makan yang ada di Aceh. Sebagian besar menawarkan menu Bu Sie Kameng yang enak di santap dengan nasi putih hangat.


Tidak sulit menemukan rumah makan di Aceh yang menyediakan Bu Sie Kameng ini. Anda bisa melihat kuali besar yang ada di depan warung makan, dan sudah di pastikan disitu menyajikan Sie Kameng.

Bila Anda dekati kuali besar tadi, aneka bumbu seperti serai, bungong lawang keling, daun pandan, daun salam, bawang putih keprek, bawang merah iris, dan daun temurui (bay leaf) akan membuat hidung Anda tak sabar ingin mencicipinya.

Setiap tetes kuahnya menghadirkan aneka rasa yang serasi, guri…

Foto: Melihat Keindahan Tebing Lamreh

Loveaceh.com – Bagi Anda yang suka jalan-jalan ke tempat baru yang menantang dan menyukai alam liar, Anda wajib mendatangi Desa Lamreh. Lamreh adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Berikut Foto-foto keindahan Tebing Lamreh: