Ruti Seu’oep, Makanan Berbuka Puasa Khas Aceh Besar

Kue khas Aceh Rayeuk Ruti Seuoep
Makanan Aceh Rayeuk Ruti Seuoep

Loveaceh.com – Bulan Ramadhan adalah bulan ke sembilan dalam sistem penanggalan agama Islam atau Hijriah. Di bulan yang suci dan penuh berkah ini, para umat Muslim seluruh dunia melakukan serangkaian aktivitas agama di dalamnya, seperti berpuasa, sholat tarawih, dan lainnya.

Selain aktivitas keagamaan, di bulan Ramadhan sangat identik dengan kuliner dan sajian khas. Ya, bulan Ramadhan akan sangat identik dengan pengalaman kuliner, pengalaman yang sangat membekas karena memberikan dampak yang sangat personal.

Semua orang akan mempunyai pengalaman tersendiri dalam menyantap kuliner khas Ramadhan. Makanan yang sederhana akan tampak istimewa di bulan Ramadhan, karena ada nuansa berbeda yang menyertainya.

Makanan khas di bulan Ramadhan sebenarnya sangat beragam, tapi ada satu kuliner yang sangat disukai semua orang, khususnya warga Aceh Besar, yaitu Ruti Seuoep. Ruti Seuoep adalah kue khas Aceh Besar yang bisa di jumpai di rumah-rumah warga di bulan Ramadhan ini.

Kue khas Aceh
Ruti Seuoep (c) Loveaceh.com/Mustajib

Roti yang di kukus ini sangat khas. Rasanya yang manis dan lembut sangat pas sebagai menu ringan untuk berbuka puasa. Bahan dan cara membuatnya cukup mudah, jadi bisa Anda coba untuk membuatnya di rumah.

“Roti tawar, gula pasir, garam, daun pandan, santan kelapa, dan tambahkan sedikit kurma dan nangka” kata Firdaus SE, anggota DPRK Aceh Besar ini kepada Loveaceh.com yang sangat menggemari kuliner khas Aceh Besar.

Bila Anda ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, berikut resep Ruti Seuoep penganan berbuka khas Aceh Besar.

Resep Ruti Seuoep

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 bungkus roti tawar
  • Gula pasir
  • Garam
  • Santan kelapa
  • Daun pandan
  • Buah kurma dan nangka

Cara membuat Ruti Seuoep:

  • Hancurkan roti tawar dalam wadah dengan santan sampai halus.
  • Masukkan gula pasir dan garam secukupnya, remas dan aduk dengan tangan.
  • Masukkan buah kurma, nangka, dan daun pandan. Aduk sampai tercampur semua.
  • Masukkan dalam loyang dan kukus kira-kira 15 menit.
  • Tunggu sampai dingin dan Ruti Seuoep siap dipotong sesuai selera.

Itulah resep Ruti Seuoep, penganan berbuka puasa khas Aceh Besar. Selain bahan-bahannya yang sederhana, cara membuatnya juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Ruti Seuoep sangat jarang di jual di tempat jajanan makanan berbuka puasa, jadi semoga Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan resep yang Loveaceh.com kasih di atas.

Ruti Seuoep sebagian besar mengandung banyak gula, jadi Anda harus mempedulikan kesehatan Anda. Jangan sampai Anda tidak mampu berpuasa besok hari. Makanlah sewajarnya, dan jangan berlebihan.

Komentar Anda