Nikmatnya Mie Caluek, Spaghetti Murah Ala Aceh

resep mie caluk bumbu kacang
Mie Caluek Aceh

Loveaceh.com – Berbicara masalah kuliner Aceh, pasti Anda akan membayang mie Aceh. Ya, mie Aceh memang sangat terkenal sampai tersohor ke penjuru dunia. Namun, bila Anda bertandang ke Aceh, kuliner mie tidak hanya mie Aceh saja.

Di Kabupaten Pidie, ada mie yang sangat terkenal kelezatannya, namanya Mie Caluek. Nama yang sangat unik, namun soal rasa pasti tak kalah dengan Mie Aceh. Bagi masyarakat Aceh, khususnya di Kabupaten Pidie, Mie Caluek menjadi menu favorit.

Harganya yang sangat murah, dan rasanya yang enak menjadikan Mie Caluek ini menjadi makanan kesukaan banyak kalangan. Anda cukup merogoh kocek Rp. 5 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati spaghetti khas Aceh ini yang banyak di jual di pinggir-pinggir jalan di Pidie.

Tidak sulit mencari penjual Mie Caluek, umumnya pedagang Mie Caluek ini berjualan di pinggir jalan di pasar atau di tempat-tempat ramai. Cukup menengok di pinggir jalan, banyak gerobak penjual Mie Caluk yang bertuliskan Mie Caluek Grong-Grong, Mie Caluek Sigli, dan tulisan lainnya.

Selain berjualan dengan gerobak, ada juga yang berjualan di atas mobil pick up, di atas meja di depan toko-toko, dan juga ada yang memiliki kios kecil.

mie caluk grong grong
Pedagang Mie Caluk di kawasan Peuniti, Banda Aceh

Mie Caluek ini sangat unik, dan berbeda dengan mie Aceh cara membuatnya. Bila mie Aceh langsung di masak di tempat kita membeli, namun Mie Caluek dibuat sendiri dirumah. Jadi Anda tidak perlu menunggu lama, dua menit sepiring Mie Caluek sudah bisa Anda nikmati.

Pasti Anda bingung kenapa secepat ini penyajian Mie Caluek. Ini karena mie sudah jadi di rumah pedagang, dan semua bumbu dan pelengkapnya juga sudah jadi, atau tanpa di masak lagi. Pedagang cuma mengambil saja mie dan pelengkapnya dan menyajikannya di atas piring.

Mungkin karena ini dinamakan Mie Caluek. Caluek dalam bahasa Aceh berarti memasukkan tangan ke dalam piring yang berisi makanan dan mengambilnya.

Bila Anda hendak membelinya, ada empat jenis Mie Caluek. Anda tinggal memilih, “ada Mie Caluek pakai bumbu kacang, Mie Caluek pakai urap, Mie Caluek pakai tahu, dan Mie Caluek pakai tempe”, ujar salah satu pedagang kepada Loveaceh.com di kawasan Peuniti, Banda Aceh.

Selain itu sausnya ada saus cabai halus atau bumbu kacang yang memberi sensasi gurih dan lezat.  Ada juga yang sausnya dicampur kacang dan menggunakan kuah yang ditaburi sayuran. Anda tinggal pilih, sesuai dengan selera Anda.

Ternyata Mie Caluek ini juga ada di Kota Banda Aceh. Selain di bulan Ramadhan, di hari-hari biasa masih bisa Anda jumpai penjual Mie Caluek ini bila di Kota Banda Aceh. Jadi bila tidak sempat ke Kabupaten Pidie, Anda bisa mencicipi kelezatan spaghetti khas Aceh ini di Kota Banda Aceh.

Anda penasaran dengan rasa Mie Caluek ini yang nikmat? Silahkan datang ke Aceh, dan bila sempat datanglah ke Kabupaten Pidie, dan buktikan sendiri kenikmatan spaghetti khas Aceh ini.

Komentar Anda