Ini Sejarah Tari Saman Gayo Aceh Secara Singkat

Gerakan Tari Saman, Foto by: indonesiakaya.com
Sejarah tari saman Aceh

Loveaceh.com – Setelah melihat video tari saman yang loveaceh.com posting sebelumnya, ketahui juga sejarah tari saman. Sama hanya dengan daerah lain di Nusantara, Aceh juga mempunyai sebuah tarian tradisional yang telah di jaga secara turun-temurun sampai sekarang.

Ini membuktikan bahwa masyarakat Aceh sangat menghargai apa yang telah di wariskan oleh para leluhur terdahulu. Tari saman adalah tarian tradisional yang tidak hanya populer di Aceh atau Nusantara saja, akan tetapi terkenal di seluruh dunia dan mereka takjub akan kekompakan gerakannya.

Sejarah tari saman secara pasti belum dapat di ketahui, karena kurangnya dan belum ada penelitian yang mengkaji masalah ini secara ilmiah. Hingga saat ini, tulisan tentang sejarah tari saman dapat di hitung dengan jari.

Namun, dari berbagai sumber seperti yang loveaceh.com kutip dari Wikipedia dan sejumlah sumber yang terpercaya lainnya, tari saman berasal dari Gayo dan diciptakan oleh seorang ulama suku Gayo, beliau adalah Syekh Saman.

Nah, Kenapa dinamakan tari saman? Sepertinya Anda sudah mengetahuinya dari penjelasan di atas. Ya, dinamakan tari saman karena didirikan dan diciptakan oleh Syekh Saman sekitar abad XIV Masehi di dataran tinggi Gayo, seperti di sumber yang banyak beredar.

Tari saman dulunya hanyalah berupa permainan rakyat yang dinamakan Pok Ane. Namun, kemudian di tambah iringan syair-syair yang hampir keseluruhannya berisi pujian-pujian ke pada Allah SWT dan salawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Pada masa itu, tari saman menjadi media dakwah, dan mengembangkan agama Islam. Tari saman mencerminkan keagamaan, sopan-santun, mendidik, kepahlawanan, gotong-royong, kekompakan, dan kebersamaan.

Sejarah tari saman pada mulanya hanya di tampilkan untuk event-event tertentu, seperti pada perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan hanya dimainkan oleh laki-laki. Namun, di zaman sekarang ini tari saman cukup berkembang dan pentas tari saman cukup sering di adakan.

Sejarah tari saman pada masa sekarang sudah menjadi seni pertunjukan hiburan, dan di pentaskan tidak terikat dengan waktu. Tari saman di tampilkan pada segala event, di tempat keramaian, acara pemerintahan, perlombaan, dan acara-acara lainnya. Tidak hanya laki-laki, para perempuan juga banyak yang memainkan tari saman ini.

Tari Saman biasanya ditampilkan dan dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syekh. Antara penari dan Syekh harus bekerja sama dengan apik, supaya tercipta gerakan dan tarian yang kompak dan harmonis.

Tak heran, tari yang begitu unik dan menarik di dunia ini banyak mendapat penghargaan-penghargaan bergengsi di dunia. Di ajang pentas seni, baik di Indonesia dan dunia, tari saman sering keluar sebagai juara pertama.

Kekompakan gerakannya yang harmonis dan serentak mampus membuat penonton terpukau dan terhipnotis. Oleh karena ini, tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar representatif budaya tak benda warisan manusia dalam sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011 lalu.

Itulah sejarah tari saman secara singkat yang loveaceh.com kutip dari berbagai sumber. Semoga dengan mengetahui sejarah tari saman ini dapat menambah wawasan Anda tentang seni budaya yang ada di Nusantara, khususnya Aceh.

Selain sejarah tari saman di atas, belum lengkap tanpa melihat video tari saman yang menakjubkan dan lirik lagu tari saman. Mari melestarikan warisan budaya para leluhur agar tidak punah.

Komentar Anda