Kuah Sie Kameng, Kari Khas Aceh Yang Kuat Bumbu

Loveaceh.com – Kuah Sie Kameng (kuah daging kambing) atau di Nusantara lebih terkenal dengan sebutan kari kambing atau gulai kambing adalah makanan khas Aceh yang berasa sedap dan kental karinya. Dagingnya yang empuk dan di pandu dengan bumbu rempah yang begitu kaya dan kuat menjadikan Kuah Sie Kameng ini begitu digemari.

Bila Anda berkunjung ke Serambi Mekkah, jangan lupa bertandang ke rumah makan yang ada di Aceh. Sebagian besar menawarkan menu Bu Sie Kameng yang enak di santap dengan nasi putih hangat.
Kuali besar yang digunakan untuk memasak Kuah Sie Kameng. Foto: Rumah makan yang berada di Peukan Tua Indrapuri, Aceh Besar


Tidak sulit menemukan rumah makan di Aceh yang menyediakan Bu Sie Kameng ini. Anda bisa melihat kuali besar yang ada di depan warung makan, dan sudah di pastikan disitu menyajikan Sie Kameng.

Bila Anda dekati kuali besar tadi, aneka bumbu seperti serai, bungong lawang keling, daun pandan, daun salam, bawang putih keprek, bawang merah iris, dan daun temurui (bay leaf) akan membuat hidung Anda tak sabar ingin mencicipinya.

Setiap tetes kuahnya menghadirkan aneka rasa yang serasi, gurih, pedas, hangat, asin, dan asam. Benar-benar akan membuat Anda pesta kari dan puas mencicipi Kuah Sie Kameng, gulai kari kambing yang khas Aceh.

Rahasia yang membuat kari kambing dari Aceh ini begitu sedap dan lezat adalah terletak pada jenis dan banyaknya bumbu yang di gunakan. Tak tanggung-tanggung, lebih kurang 22 jenis bumbu yang digunakan demi kenikmatan Kuah Sie Kameng ini.
Kuah Sie Kameng yang disajikan di atas meja


Selain beberapa bumbu yang Loveaceh.com sebutkan di atas, sejumlah bumbu lainnya adalah kelapa gongseng, kelapa kukur, santan, kemiri, kunyit, pala, lawang keling atau bisa diganti cengkeh, lada, jahe, cabai, kayu manis, daun kari, pandan, dan sederet bumbu lain.

Supaya rasa kari kambing ini benar-benar lezat dan enak, yang memasaknya pun tidak sembarangan orang, dan harus mengerti dan paham meracik bumbu dengan takaran yang pas.

Sedikit kurang bumbu atau lebih pasti akan membuat Kuah Sie Kameng atau gulai kari kambing khas Aceh ini tidak begitu enak dan nikmat lagi. Berapa pun banyak daging yang di masak, kelezatannya harus tetap sempurna.

Sama hanya dengan Kuah Beulangong yang sama-sama menggunakan kuali besar. Kuah Sie Kameng tidak hanya bisa Anda cicipi di warung atau rumah makan saja. Sajian khas Aceh ini juga penting saat pesta perkawinan, acara adat, dan hari besar agama lainnya.

Bila Anda ingin mencoba menikmati Kuah Sie Kemeng, harga untuk rumah makan sederhana berkisar antara Rp. 25.000 – Rp. 35.000. Cukup murah memang untuk menikmati gulai kari kambing khas Aceh ini. Nah, di Aceh beda kabupaten pasti beda pula rasa gulai kambing ini, dan untuk sebutannya juga berbeda. Namun, perbedaannya tidak terlalu jauh, dan bumbu yang kental dan kuat tetap terasa sama.
Tim Loveaceh.com sedang menikmati Bu Kuah Sie Kameng di kawasan Peuniti, Banda Aceh

Apakah Anda ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah? Bila kesemua bumbu di atas dapat diperoleh di daerah Anda, kami rasa Anda juga bisa membuat resep kari kambing Aceh ini di rumah. Lihat resep Sie Kameng, kari kambing khas Aceh yang begitu lezat dan nikmat: