Air Terjun Luthu Lamweu, Pesona Air Terjun Yang Masih Asri

Loveaceh.com - Air Terjun Luthu Lamweu adalah salah satu dari puluhan air terjun yang terdapat di Kabupaten Aceh Besar. Seperti kebanyakan air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Aceh Besar, Air Terjun Luthu Lamweu juga berada di jajaran pegunungan Bukit Barisan, persisnya di kawasan Glee Raja, Sibreh, Suka Makmur, Aceh Besar.

Untuk sampai ke lokasi air terjun ini tidaklah gampang, dan menghabiskan waktu berjam-jam. Dari Kota Banda Aceh ke Sibreh menempuh perjalanan sekitar 30 menit, dan melanjutkan lagi menuju desa Luthu Lamweu sejauh 20 menit mengendarai kendaraan.
Air Terjun Luthu Lamweu Sibreh Aceh Besar



Bila Anda bingung dan kesulitan mencari jalan masuk menuju ke Air Terjun Luthu Lamweu, Anda bisa bertanya kepada warga desa ini, bisa juga Anda ajak pemuda disini sebagai pemandu wisata atau tour guide dan membayar sedikit uang.

Perlu di ingat, Air Terjun Luthu Lamweu jarang di kunjungi orang, jadi bila Anda nekat langsung menuju kesana bisa jadi Anda tersesat, salah jalan, dan sulit menemukan Air Terjun Luthu Lamweu yang letaknya tersembunyi.

Pasalnya pada saat tim Loveaceh.com menuju kesana beberapa waktu yang lalu sempat salah jalan dan kesulitan menemukan Air Terjun Luthu Lamweu. Akhirnya kami menemukan air terjunnya setelah mengikuti alur sungai yang begitu menguras fisik.

Jalan yang tadinya mulus dari simpang Sibreh menuju desa Luthu Lamweu berubah jelek dan hanya dilapisi tanah merah. Kondisi jalan seperti ini akan Anda tempuh kurang lebih 4 km, atau 30 menit mengendarai kendaraan sampai menuju perbukitan Glee Raja.

Pada saat melewati beberapa peternakan ayam potong warga, jangan lupa belok ke kiri dan langsung lurus ke depan. Anda akan melewati satu anak sungai yang terhubung langsung dengan air terjun di atasnya.

Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda disini, dan menelusuri alur sungai ini sekitar 1 jam perjalanan kaki untuk mencapai air terjunnya di atasnya.

Bila tidak ingin menelusuri alur sungai ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan lagi, bisa berjalan kaki atau mengendarai kendaraan Anda.

Namun Anda patut berhati-hati karena selain menanjak, jalan sejauh 200 meter hanya berlapis tanah merah yang berlubang karena terkikis air hujan. Bila hujan, Anda akan kesulitan mengendarai kendaraan Anda, bisa saja Anda terpeleset dan jatuh ke lubang.

Kami sarankan Anda untuk mengendarai kendaraan yang didesain khusus untuk medan jalan offroad. Karena kendaraan biasa akan sulit menjelajah medan jalan seperti ini, apalagi bila becek.

Di perjalanan, sejauh mata memandang, Anda bisa menikmati keindahan pegunungan Bukit barisan. Semua kelelahan dan kekhawatiran akan sirna dengan suguhan surga alam dunia.

Nah, untuk menuju air terjun ini, Anda harus menuruni lereng bukit yang cukup dalam dan terjal. Tidak ada akses jalan khusus untuk masuk menuju air terjun, jadi Anda harus membuka jalan sendiri.

"Dulu masih ada jalan masuk menuju air terjunnya, karena sudah jarang didatangi orang makanya sekarang jalannya sudah tertutup perpohonan" kata Tini, warga Sibreh pada tim Loveaceh.com beberapa waktu yang lalu.

Masuk ke dalam sungai, Anda bisa menikmati keindahan berbatuan besar, pesona tebing-tebing berbatuan cadas yang menghiasi sisi kiri dan kanan sungai, dan ditemani suara burung, jangkrik dan gemericik air sungai yang mengalir melewati batu-batu besar.

Kesemua itu seakan menyambut Anda dan mengucapkan selamat datang di Air Terjun Luthu Lamweu. Air yang bersih, jernih, segar, dan tanpa dikotori oleh apapun bisa langsung Anda minum untuk melepas rasa lelah Anda.

Air Terjun Luthu Lamweu memiliki ketinggian sekitar 20 m. Anda bisa mandi, berenang, dan duduk santai menikmati suara gemericik air, suara burung, jangkrik, dan menghirup dalam-dalam aroma udara yang berembus dari perpohonan di sekitar Air terjun.

Disamping air terjun terlihat pintu gue kecil. Waktu kami mendekati terlihat guanya cukup dalam dan tertutup ranting pohon. Di atas air terjun, atau di perpohonan yang padat, bila lagi beruntung Anda bisa melihat monyet yang bergelantungan.

Air Terjun Luthu Lamweu cukup bersih, tidak ada sampah berserakan. Letaknya yang tersembunyi dan sulit di jangkau membuat air terjun ini jarang di kunjungi orang, dan masih terlihat asri dan perawan.

Bila Anda kesini, jangan kotori Air Terjun Luthu Lamweu dengan sampah, berbuat mesum atau hal buruk lainnya. Selain itu, ketika berada di air terjun ketika hujan mau turun, bersegeralah untuk meninggalkan air terjun atau sungai ini. Ketika hujan, sungai ini akan meluap dan bisa saja Anda terseret arus sungai.

Lihat foto-foto menjelajah keindahan Air Terjun Luthu Lamweu: